Wednesday, September 1, 2010

Ngaben Masal, Agustus 2010, Asset Koperasi Samba Mandiri Tumbuh Tipis

Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial bagi Indonesia karena adanya hari kemerdekaan Republik Indonesia. Selain spesial secara umum bagi Indonesia, bulan Agustus 2010 juga adalah bulan yang spesial bagi Koperasi Samba Mandiri, kenapa?

Di Bulan Agustus 2010 ini terdapat upacara Ngaben (pembakaran mayat disertai dengan upacara yang besar oleh umat Hindu di Bali) secara masal di Desa Besakih, desa dimana Koperasi Samba Mandiri beroperasi.

Ngaben membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bagi masyarakat Desa Besakih yang merupakan pengempon (pengelola) Pura Besakih. Walaupun di berbagai desa lain telah dilakukan penyederhanaan upacara Ngaben sehingga biaya tidak terlalu besar, namun rupanya hal tersebut tidak berlaku di Desa Besakih. Cukup kompleks kalau harus dijelaskan di sini (hehe selain juga penulis tidak mengetahui secara pasti, tapi hanya beropini). Nah, karena biaya Ngaben sangat besar, masyarakat kebanyakan tidak dapat melaksanakan ucapara Ngaben yang semestinya dilakukan pada saat keluarganya meninggal. Jalan keluarnya adalah dilaksanakan Ngaben secara masal yang dikoordinir oleh pemuka adat.

Adanya Ngaben masal tersebut membuat sebagian masyarakat ikut berpartisipasi di sana, baik membantu maupun ikut Ngaben (keluarganya yang sudah meninggal namun belum dilakukan Ngaben). Dengan kesibukan "non profit" tersebut membuat penghasilan masyarakat turun. Untuk menghidupi keluarga, sebagian masyarakat yang sudah menabung di Koperasi Samba Mandiri menarik tabungannya.

Penomena inilah yang membuat asset Koperasi Samba Mandiri hanya tumbuh Rp 6 juta menjadi Rp 436 juta dibandingkan bulan sebelumnya Rp 432 juta.

Walaupun asset tumbuh tipis, namun kebanggaan tetap dirasakan oleh pengurus dan karyawan Koperasi Samba Mandiri. Mereka bangga karena dapat membantu masyarakat (yang sudah ikut menabung) dimana saat mereka membutuhkan dana mereka dapat menggunakan tabungannya. Dengan manajemen yang baik, Koperasi Samba Mandiri dapat menyediakan seluruh dana yang ditarik masyarakat (penabung).

Maju Terus Koperasi Samba Mandiri.

www.ksm.co.id

No comments:

Post a Comment