Thursday, February 18, 2010

17 Februari 2010 Setahun Koperasi Samba Mandiri Beroperasi

Pantaslah orang memberikan nasehat : "Mulailah sekarang", "jangan tunda lagi", "action", dll yang semuanya ingin menggambarkan bahwa waktu berlalu begitu cepat sehingga jika kita tidak memulai sekarang, jika kita masih menunda atau jika kita hanya membiarkan rencana tetap hanya rencana tanpa ada action maka kita akan kehabisan waktu tanpa bertumbuh.
Ada 2 contoh nyata yang dapat kita lihat.
1. DechaCare.com. 
Website yang mulai dibuat bulan November 2007 ini awalnya hanya digunakan untuk menjadi 'official website' dechaPratama healtcare, sebuah toko obat yang berlokasi di Jakarta Selatan. Namun kekuatan action menunjukkan lain. Saat mulai membuat website ini, pemilik, walau memiliki pengetahuan dalam computer programming namun dia sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang pembuatan web, tidak tau PHP, AJAX, CSS, dll. Namun dia Mulai, ia Tidak Menunda (sampai bisa membuat web). Saat ini, setelah dimulai terus dikembangkan secara continue tentunya, DechaCare.com sudah dikunjungi oleh lebih dari 10 ribu pengunjung setiap harinya. Jumlah yang sangat besar untuk ukuran website yang dikembangkan paruh waktu oleh 1 orang. 
2. Koperasi Samba Mandiri. 
17 Februari 2009 merupakan 'hari baik' yang dipilih untuk memulai operasional Koperasi Samba Mandiri setelah proses perijinannya selesai pada tgl 09-01-2009. Saat mulai, walau salah seorang pendiri adalah analis kredit di bank namun dia tidak mengerti bagaimana menjalankan koperasi. Pun demikian para pengurus koperasi yang menjadi pelaksana di lapangan, pengetahuan 0 (nol), pengalaman 0 (nol), relasi, ya mungkin 0,01 lah (karena masih kenal beberapa orang di daerah kerja Koperasi Samba Mandiri yang dapat diprospek). Dengan modal pengetahuan, pengalaman dan relasi yang hampir sempurna 0 (nol) apa yang berani dilakukan pengurus Koperasi Samba Mandiri pada saat 'hari baik' itu datang? Hanya berani ngomng ke anak kecil umur 5 tahun untuk menabung. Berapa yang dia tabung? Rp 10.000! Apalagi kegiatan hari itu? Tidak ada! dengan ada penabung (Rp 10.000) berarti Koperasi Samba Mandiri sudah mulai beroperasi.
Di sini, kekuatan "Memulai", kekuatan untuk "tidak menunda", kekuatan "action" kembali unjuk gigi. Perlahan namun pasti, sedikit demi sedikit pengalaman tumbuh menjadi pengetahuan, relasi pun berkembang mengikuti tren kurva eksponensial. Saat ini, tepat 1 tahun Koperasi Samba Mandiri beroperasi, outstanding kredit sudah lebih dari Rp 225 juta (kredit yang dikeluarkan, termasuk yang sudah diangsur ataupun lunas, mungkin lebih dari Rp 300 juta) dengan jumlah aset sekitar Rp 270 juta dengan kredit bermasalah dapat dikatakan 0%, karena memang semua orang ternyata begitu baik. Ada memang yang telat membayar, namun mereka akan membayar dengan tambahan permintaan maaf.
Rp 270 juta mungkin tidak besar (apalagi kalau dibandingkan dengan kredit yang biasa aku keluarkan di bank tempatku bekerja) tetapi angka itu akan terus bertumbuh, bertumbuh dan bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. 
Rp 270 juta tetap saja lebih baik dari pada sebuah ide besar yang belum terealisasi dan masih tersimpan dalam pikiran kita.
Masihkah ingin menunggu untuk memulai? Manfaatkan waktu yang berlalu dengan cepat untuk mempercepat pertumbuhan kita.
Marilah kita mulai dan bertumbuh seiring berjalannya waktu.

1 comment:

  1. waah...ternyata ada bagus nya ya kayak aku ini...selalu sayang akan waktu yg tersia2kan...selalu tidak ingin tidur klo malem (apa lg siang)...selalu ingin cepet pulang klo lg di luar agar bisa melakukan sesuatu yg menurutku bermanfaat...selalu ingin bangun lebih awal (klo bisa) :D

    ReplyDelete