Friday, February 12, 2010

Koperasi Samba Mandiri, kredit gampang, nabung aman, a new logo with tag line


Setelah beberapa minggu terakhir membaca buku di salah satu toko buku (bukunya mahal boo, ga bisa beli), aku menyimpulkan bahwa membuat tag line untuk sebuah perusahaan sangat penting. Tag line atau motto atau apalah dia disebut merupakan suatu gambaran keseluruhan dari perusahaan, juga merupakan ringkasan dari tujuan yang ingin dicapai atau komitmen dari perusahaan (detail tentang tujuan perusahaan biasanya dijabarkan dalam visi misinya).
Tag line pada perusahaan bisa dengan cepat populer dan menguatkan corporate brand dari perusahaan, contoh "don't worry, be happy" atau "now everyone can fly" atau "situs pelayanan kesehatan". Bahkan dalam beberapa kasus, tag line lebih populer dibandingkan corporate brand dari perusahaan itu sendiri.
Koperasi Samba Mandiri, yang juga merupakan salah satu perusahaan modern yang dikelola secara profesional (walau badan hukum koperasi terkesan ndeso hehehe) juga ingin membuat tag line yang dapat menguatkan nama Koperasi Samba Mandiri sebagai corporate brand.
Dengan bahasa sederhana, dari buku yang aku baca, tag line harus mampu memberikan penawaran yang menguntungkan bagi konsumen. Salah satu contoh yang disebutkan dalam buku itu adalah tag line sebuah perusahaan pisa (aku ga inget bahasa persisnya, english boo, so kira2 aja yah) "nikmati pisa dalam 30 menit atau gratis". Jadi tag line itu menawarkan pesan pisa dari rumah, dalam 30 menit pisa akan sampai, apabila telat, pisa akan diberikan secara gratis.
Kembali ke Koperasi Samba Mandiri, sebelumnya aku kepikiran untuk membuat tag line "solusi keuangan, sahabat sejati" namun setelah didiskusikan dengan PT ternyata kalimat tersebut ambigu dan juga mengambang, tidak ada makna yang jelas. Permasalahan lain adalah kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia yang tidak populer diwilayah operasional Koperasi Samba Mandiri, yang mana masyarakat di wilayah tersebut masih menggunakan bahasa Bali. Sehingga walaupun dalam diskusi dengan PT aku tidak mau mengalah, namun diam-diam aku mulai memikirkan kalimat lain. AX pun menyatakan kalimat itu agak berlebihan "sahabat sejati", "hari gini emang masih ada sahabat sejati?", kata AX setengah bertanya.
Lama berpikir, entah berapa kata yang aku bolak balik putar-putar, akhirnya dalam perjalan pulang dari pasar tadi aku mendapat ide "kredit gampang, nabung aman".
"kredit gampang, nabung aman"! Mengacu pada buku yang aku baca, dengan tag line ini aku ingin memberikan gambaran tentang apa yang dilakukan Koperasi Samba Mandiri (memberikan kredit dan menerima tabungan) serta penawaran yang menguntungkan ke konsumen yaitu berupa kredit yang prosesnya gampang dan nabung yang aman.
Kata-kata "kredit", "gampang", "nabung", "aman" juga merupakan bahasa Indonesia yang dimengerti dengan mudah oleh masyarakat diwilayah kerja Koperasi Samba Mandiri.
So...Koperasi Samba Mandiri, kredit gampang, nabung aman..how do you think?

No comments:

Post a Comment