Sunday, February 14, 2010

Syarat Koperasi, Anggota Minimal 20 Orang : Perencanaan Koperasi Samba Bagian 4

Sempat sepi pembahasan tentang koperasi, baru ada email terkait dari aku ke PT tgl 09 Desember 2008 sbb:

Dear All,

Hari ini saya mendapat perkembangan untuk merealisasikan
koperasi.
Tapi sebelumnya saya ingin menginformasikan pembicaraan saya dengan BB
kemarin. Saat saya menelpon BB dari Jakarta, saya menanyakan
perkembangan "penelitian" yang dilakukan BB di kampong. Tidak banyak
perkembangan yang dilaporkan BB, hanya beliau mengusulkan nama baru
untuk
koperasi idamannya yaitu Koperasi Jaya Samba Mandiri atau
Koperasi Jaya Samba Putra. Saya senang mendengar BB semangat dalam
merealisasikan ide-nya. Karena saya merasa sudah cukup lama dan tidak
ada perkembangan, saya meminta NM (Nona Made Eka) untuk datang ke
Dinas
Koperasi di Amlapura (Ibu Kota Kabupaten Karangasem).

Hari ini NM menelpon dari Amlapura dan memperkenalkan Bpk I Nengah
Mindra, salah satu staf atu pejabat (saya lupa menanyakan jabatannya)
di dinas
koperasi Karangasem. Dia menjelaskan prosedur pembentukan
Koperasi yaitu sebagai berikut:

1. Harus ada kelompok dengan suatu kegiatan ekonomi dengan
beranggotakan minimal 20 orang
2. Anggota sepakat untuk membentuk
Koperasi
3. Saat Rapat pertama pembentukan
Koperasi harus mengundang perwakilan
dari dinas
Koperasi. Dalam rapat tersebut akan dibuat anggaran dasar
koperasi
4. Jika sudah terbentuk anggaran dasar, maka harus diajukan ke Bupati
melalui Dinas
Koperasi untuk disahkan.
5. Setelah itu pembentukan anggaran dasar di notaris PPAK
6. Modal minimal adalah Rp 15 juta yang harus disetor di bank
pemerintah (bias ditarik setelah perijinan selesai)
7. Biaya perijinan di dinas
koperasi Rp 350 ribu
8. Biaya pembuatan akta di notaries Rp 1 juta (NM sudah mengecek ke
Notaris, nama Notarisnya saya lupa)

Setelah mendapat penjelasan itu saya sampaikan ke ybs bahwa
kemungkinan kami akan membentuk
koperasi sekitar tgl 22 atau 23
Desember 2008. Dia setuju dengan syarat harus mengajukan surat minimal
3 hari sebelum rencana rapat.

Jadi rencana saya adalah sebagai berikut:

1. Meminta BB untuk menyiapkan anggota dan kegiatan ekonomi yang akan
dijalankan oleh
Koperasi. Kegiatan ekonomi yang akan diusung adalah
"Ngubuh Sampi" dengan skenario
koperasi akan "mekadaskan" sapi ke
anggota.
2. Selain itu juga akan dimulai kegiatan simpan pinjam yang merupakan
bagian dari unit simpan pinjam.
3. Membuat surat undangan untuk dinas
koperasi.
4. Merencanakan rapat pembentukan
koperasi pada tgl 22 atau 23
Desember 2008 (ad aide kita pilih tgl mana??).
5. Setelah itu memulai menjalankan usaha simpan pinjam.
6. Sedangkan "mekadaskan" sampi bisa dilaporkan bahwa sampi yang
"diubuh" oleh BB adalah milik
koperasi
7. Kalau BB ingin mengubah nama dari "Panca Samba" menjadi "Jaya Samba
Mandiri" maka saya mengusulkan namanya adalah "
Koperasi Samba Mandiri"
di singkat KSM (ini juga bias Komang Suarsana Mahardika,
hahahahahahaha, ego lagi nih)

Demikian rencana ini. Mohon masukannya. Terima kasih

Jawaban PT (pada tgl yang sama):

Hello PK,

Wah, mantap juga tuh....
Meetingnya tanggal 22 aja, kan bagus hari senin.

thanks.



Ini email lain pada tgl 9 Desember 2009:

Dear PT,

Tuni Artawa nelpon tiang. Ye ngajuang proposal unduk ngangon sampi ane tuturne kin BB ibi nike.

jog "nah-nah" dogen yee tiang nike. Terus oraang tiang yan tiang lakar mulih by the end of this year, ajakin tiang ye metemu jumah nike. Yan ampun metemu mare kar oraang tiang bahwa awe lakar fokus dikoperasi dengan kegiatan utama dalam 1 tahun pertama adalah simpan pinjam.

Kenten.

Jawabn PT pada tgl yang sama:
Paih...
Wayah kenten Pak Mang ooo....
Jog saget Artawa nalipun...
Men?

Jabawanku (tgl sama):
Oo puk, wayah saja nike...
men kudiange pt...

men unduk koperasine? adi dereng ade komentar adi nike?

Jawaban PT (tgl sama) :
ah...yan unduk koperasi tiang ten bani pak mang...
ten ngerti tiang...napi men komentarin tiang...

Lanjut ke bagian 5 yah...(masih kuat?? masih dong..)

No comments:

Post a Comment